Cara Mundur Mobil Manual - Belajar Mengemudi Pemula






Cara Mundur Mobil Manual - Halo sahabat sekalian, pada kesempatan yang lalu saya sempat menulis beberapa artikel tentang Belajar Mengemudi Pemula, diantaranya ada Tips Mengemudi Mobil Manual Ditanjakan Dengan Aman serta Cara Memindahkan Gigi Mobil Yang Benar Untuk Transmisi Manual. Nah kali ini saya akan mengulas tentang Cara Mundur Mobil Manual. Mungkin banyak dari Anda bertanya, "Mas Indro, kok topiknya Cara Mundur Mobil Manual?" ya karena ternyata banyak teman saya yang sudah bisa menjalankan mobil untuk posisi maju, namun belum tau cara mundur, khususnya untuk mobil dengan transmisi manual. Mundur dalam mengemudikan mobil mungkin tidak terlalu sering dilakukan, namun jika Anda tidak menguasai skill yang satu ini, saya yakin Anda akan menjumpai banyak sekali kesulitan. Simak Cara Mundur Mobil Manual di artikel ini.

Mobil mundur biasanya ada maksudnya, yang paling umum adalah saat mobil hendak parkir. Atau adapula karena mobil kebablasan, maka harus dijalankan mundur. Jadi, walaupun dipakainya jarang, tapi kalau tidak bisa menyetir mundur, ya Anda akan kerepotan. Setuju dengan saya?

CARA MUNDUR MOBIL MANUAL - BELAJAR MENGEMUDI UNTUK PARA PEMULA


Cara Mundur Mobil Manual
Baiklah, kita sekarang telah sepakat bahwa mengemudikan mobil tidak hanya cukup menguasai bagaimana cara mobil agar bisa berjalan maju. Namun kita juga perlu menguasai bagaimana cara mobil agar bisa berjalan mundur. Membuat mobil berjalan mundur pada mobil manual sebenarnya sangatlah mudah, yang penting Anda sudah menguasai teknik memindahkan gigi seperti dibahas pada artikel Cara Memindahkan Gigi Mobil Yang Benar Untuk Transmisi Manual. Kalau Anda sudah menguasai materi dalam artikel tersebut dan sudah luwes melakukannya, wah saya jamin Anda tidak akan kesulitan dalam mempraktekan cara mundur mobil manual ini. Belum percaya?

Begini, dasar dari mobil manual bisa berjalan mundur adalah dengan memindahkan transmisi gigi ke posisi gigi mundur (R) atau biasa disebut dengan istilah atret. Jadi langkah detailnya adalah seperti ini, nyalakan mesin mobil, lalu kaki kiri menginjak pedal kopling dalam-dalam dan tahan, tangan kiri memindahkan tuas perseneleng atau tuas gigi ke posisi R, nah sekarang mobil sudah siap untuk jalan mundur. Posisi kaki kiri masih menginjak pedal kopling dengan penuh. Sekarang posisikan kaki kanan Anda untuk sedikit menginjak pedal gas. Injak sedikit saja, jangan terlalu kecil, tapi jangan pula terlalu besar.

Tahan kaki kanan Anda diposisi tersebut. Sekarang, sedikit demi sedikit, lepaskan kaki kiri Anda dari kopling. Lepas dengan perlahan saja hingga akhirnya kaki kiri melepaskan injakan pedal secara penuh. Rasakan mobil perlahan-lahan akan bergerak mundur. Mudah sekali bukan? Yang penting, pastikan mobil tidak sedang direm tangan. Sebelum mundur, lihat dulu daerah belakang mobil Anda, pastikan tidak ada penghalang. Untuk berlatih, sebaiknya pilih tempat lebar dan terbuka seperti lapangan.

Nah, demikianlah ulasan Cara Mundur Mobil Manual Dengan Mudah Dan Aman. Semoga artikel ini mudah dipahami dan dibayangkan sehingga membantu Anda sekalian dalam belajar mengemudi. Tapi yang terpenting, jangan cuma dibayangkan ya? Langsung ambil kunci mobil Anda dan berlatihlah dengan giat. Perbanyak jam terbang Anda dalam mengemudi agar lekas mahir. Sudah siap belajar mobil?

Cara Mundur Mobil Manual - Belajar Mengemudi Pemula Cara Mundur Mobil Manual - Belajar Mengemudi Pemula Reviewed by Mister Admin on 01.11 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.